11 Umpan Ikan Gabus Paling Ampuh dan Jitu Terbaru

Umpan Ikan Gabus Paling Ampuh dan Jitu Terbaru - Halo sobat semua, di kesempatan kali ini kami akan mencoba untuk merangkum beberapa jenis umpan untuk memancing ikan gabus yang super ampuh. Kita sudah tahu bahwa ikan gabus merupakan salah satu jenis ikan ganas dan ini adalah ikan predator yang habitatnya berada di air tawar seperti rawa, sungai, danau, ataupun parit. Bahkan untuk kemampuannya dalam beradaptasi dengan lingkungan barunya jgua cukup mudah maka tak heran hal ini membuat ikan gabus ini dapat ditemukan dengan mudah di sekitar kita. 

Umpan Ikan Gabus

Umpan Ikan Gabus

Adapun untuk julukan bagi ikan Gabus ini di luar negeri adalah Common Snakehead, karena dapat dilihat dari bentuk kepalanya yang sangat menyerupai bentuk kepala ular. Tak heran jika ikan ini bisa dengan mudah memangsa jenis ikan-ikan kecil, serangga kecil, dan hewan air kecil lainnya seperti kecebong, orong-orong dan kodok. Nah, untuk lebih dalam mempelajari jenis pakan kesukaan ikan Gabus ini maka dari itu sobat dapat mempelajari umpan ikan ini jika ingin menangkap atau memancingnya.

Meskipun ikan Gabus ini memiliki bentuk yang menyeramkan, akan tetapi daging dari ikan Gabus sangat lezat dan gurih bahkan yang tak kalah penting dagingnya mengandung protein yang tinggi. Ikan gabus ini diketahui kaya akan kandungan albumin yang mana hal tersebut merupakan protein penting bagi tubuh manusia untuk proses dalam menyembuhkan luka serta dapat membantu dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit. Oleh karena manfaat dan rasanya yang lezat tersebut, tidak heran jika harga ikan gabus ini terbilang cukup mahal louh. Selain untuk dikonsumsi sendiri, biasanya para pemancing mjuga emanfaatkan ikan Gabus untuk dijual karena harganya yang cukup menjanjikan.

Apalagi ikan Gabus ini kerap sekali merugikan masyarakat para pengelola tambak ikan, apabila ikan Gabus ini masuk ke dalam kolam peliharan ikan mereka, pasalnya ikan Gabus tersebut akan memangsa ikan-ikan kecil tersebut secara rakus dan ganas, sehingga dapat menghabiskan bibit ikan tersebut, oleh karena itu ikan Gabus kerap disebut sebagai ikan predator,  Bahkan untuk wilayah Sulawesi dan Irian Jaya, ikan Gabus ini diangga sebagai spesies pengganggu nomor 1, karena ikan Gabus ini kerap kali memusnahkan spesies ikan asli air tawar di daerah tersebut.

Ya walaupun untuk bisa mendapatkan ikan Gabus ini, dapat dikatakan gampang-gampang susah. Pasalnya, sobat harus mencari spot-spot seperti sungai, rawa, pedalaman sungai yang jarang dijamah orang dengan kondisi air yang cukup hitam atau keruh serta masih banyak semak-semak liar. Selain itu, umpan yang digunakan untuk memancing ikan Gabus yang tepat juga bisa menjadi faktor utama keberhasilan memancing ikan jenis ini.

11 Umpan Ikan Gabus yang terbukti ampuh untuk digunakan:


1. Anak Kodok/Katak

Jenis umpan ikan Gabus yang pertama adalah Anak Kodok/ atau Katak Remaja. Anak kodok ataupun katak Remaja dapat kita jadikan sebagai umpan untuk memancing ikan gabus, apalagi Anak Kodok atau Kodok Remaja sudah menjadi makanan alami bagi ikan Gabus ini. Karakteristik anak kodok atau Kdok Remaja yang cenderung mereka tidak bisa diam dapat menarik perhatian dari si ikan Gabus sang predator. Jadi sobat dapat menggunakan umpan ini di sawah, rawa atau di tepi danau karena biasanya ikan gabus banyak berdiam dan bersarang di area seperti ini. Adapun cara yang dapat sobat lakukan adalah dengan mengaitkan mata kail pada kulit punggung anak kodok atau pada ekornya. Hal ini bertujuan agar anak kodok tersebut memberikan gerakan yang aktif dan dapat tahan lebih lama di air.

2. Jangkrik

Jenis umpan ikan Gabus yang kedua yaitu Jangkrik. Jangkrik juga memiliki daya tarik tersendiri bagi ikan Gabus, apalagi Jangkrik memiliki bau menyengat apabila cairan pada tubuhnya keluar, sehingga dapat menarik ikan gabus untuk memangsanya. Cara yang dapat sobat lakukan adalah dengan mengaitkan jangkrik yang telah dibersihkan sayap dan bulunya dengan mata kail dan umpan jangkrik pun siap untuk digunakan untuk memancing ikan gabus.

3. Lipas

Lipas adalah binatang yang bentuknya mirip dengan coro namun binatang ini badannya lebih besar dan tubuhnya lebih keras serta kakinya berduri. Larinya juga cepat dan biasa ditemukan di batang pohon kering yang sudah lapuk. Biasanya di tempat kami orang-orang banyak menggunakan lipas sebagai umpan mancing super jitu. Karena ketika di atas permukaan air, Lipas akan bergerak sedangkan sayapnya itu anti air jadi sangatlah menggoda ikan predator yang melihatnya.

4. Ulat Daun Pisang

Jenis umpan ikan Gabus yang ke emapt ada Ulat daun Pisang. Ulat Daun Pisang ini bisa digunakan oleh para pemancing untuk umpan mancing ikan air tawar, termasuk salah satunya ikan gabus. Karena jenis ukurannya yang kecil dan pergerakannya juga relatif aktif, maka membuat ulat ini menjadi salah satu jenis umpan yang cukup ampuh digunakan untuk memancing ikan gabus. Ulat Daun Pisang ini juga tidak mudah mati bahkan ketika berada di dalam air sekalipun dan cenderung tubuhnya terus bergerak, serta ulat ini bisa mengeluarkan aroma dari cairan dari isi perutnya yang dapat merangsang ikan gabus untuk cepat mendekat dan kemudian memangsa ulat daun ini. Jenis umpan yang satu ini juga sangat cocok untuk digunakan di perairan air tawar seperti danau, sungai bahkan parit.

5. Cacing

Jenis umpan ikan gabus yang ke lima yaitu cacing tanah. Karena aroma bau khas amis yang dimiliki oleh cacing tanah ini terbukti paling ampuh digunakan untuk memancing ikan gabus, selain itu cacing tanah juga sangat mudah untuk ditemukan di sekitar kita. Jenis cacing tanah yang biasa digunakan untuk memancing ikan Gabus antara lain cacing gelang atau cacing tanah merah, cacing sawah, cacing kalung dan juga berbagai jenis cacing lainnya. Jadi buat sobat yang menggunakan umpan ini maka usahakan untuk menggunakan cacing ini lebih dari satu caning tujuannya yaitu untuk lebih menarik perhatian si ikan gabus.

6. Ikan Kecil

Umpan ikan Gabus yang ke enam yaitu Ikan kecil. Ikan gabus merupakan ikan predator ganas, maka jenis ikan yang bertubuh kecil dapat sobat gunakan sebagai umpan ikan Gabus. Terlebih lagi jika ikan Gabus ini sedang dalam kondisi lapar maka ia tak segan-segan untuk menyambar dan melahap umpan ikan kecil ini dengan rakus. Nah untuk jenis ikan kecil yang biasa digunakan antara lainadalah  ikan wader, ikan puyau, cere, ikan mas kecil, ikan mujair kecil dan ikan-ikan kecil lainnya.

7. Belalang

Umpan ikan Gabus yang ke tujuh yaitu Belalang. Belalang identik memiliki warna hijau yang cukup mencolok serta mengandung aroma yang khas dan dapat memancing perhatian ikan Gabus untuk muncul dan menyambarnya. Cara menggunakan belalang sebagi umpan yaitu dengan membuang sayapnya terlebih dahulu, kemudian kaitkan tubuh si belalang pada kail mata pancing sobat.

8. Coro

Nah, untuk jenis umpan yang le delapan adalah binatang Coro. Jenis serangga ini biasa ditemui di sela-sela barang bekas yang ada di dalam rumah,  bebatuan di sekitar rumah atau kandang ternak dan juga tempat-tempat yang memiliki aroma yang cukup menyengat serta serbuk tanah. Adapun untuk jenis coro yang dapat sobat gunakan untuk umpan mancing ikan Gabus adalah yang berwarna coklat kemerahan, karena jenis Coro ini adalah umpan Ikan Gabus yang jitu.

9. Cicak

Jenis umpan ikan Gabus yang ke sembilan yaitu Cicak. Ternyata Cicak ini juga tidak luput menjadi umpan jitu bagi mereka yang hendak memancing ikan gabus. Cara mengunakan Cicak sebagai umpan ikan gabus yaitu dengan membakar tubuh cicak terlebih dahulu sebelum menjadikannya umpan. Karena ini bertujuan untuk menciptakan sebuah aroma daging bakar yang lezat dan dapat mengundang ikan Gabus untuk mendekat kemudian melahapnya.

10. Orong-orong

Adapun untuk jenis umpan yang ke sepuluh yaitu binatang orong-orong. Ya, Hewan yang satu ini memiliki reputasi yang cukup baik di kalangan para pemancing. Cara untuk mendapatkannya ya memang sih agak terbilang sulit, biasanya orong-orong dapat dijumpai di area persawahan atau lahan kering. Meskipun terbilang cukup sulit untuk didapatkan, tetapi menggunakan umpan ini memiliki tingkat keberhasilan yang sangat tinggi untuk bisa mendapatkan ikan Gabus. Untuk itu, tak heran jika hewan ini sangat cocok dijadikan sebagai umpan memancing ikan Gabus.

11. Umpan Buatan

Nah, untuk jenis umpan ikan Gabus yang ke 11 yaitu Umpan Buatan. Ya walaupun ini bisa dijaikan sebagai alternatif terakhir, namun kebanykan para pemancing sekarang banyak menggunakan jenis ikan buatan ini. Karena bentuknya dapat di modif sedemikian rupa menyerupai binatang asili umpan ikan gabus seperti Kata kecil, ikan kecil dan binatang lainnya. Banyak kok para pemancing yang sukses menaklukan ikan Gabus besar hanya menggunakan jenis umpan buatan. Hanya saja semua tergantung selera masing-masing saja ingin menggunakan jenis umpan yang mana.

Akhir Kata

Nah itulah ke 11 Umpan Ikan Gabus Paling Ampuh dan Jitu yang dapat kami sajikan. Semoga hal ini bisa menjadi referensi sobat semua dalam memilih jenis umpan ikan Gabus. Semoga juga bisa menambah wawasan kita semua tentang umpan mancing di air tawar. Cukup sekian yang dapat kami sajikan, terimakasih sudah membaca ulasan ini, sampai jumpa lagi pada ulasan umpan yang lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel